Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai Supaya Tidak Mudah Rusak

cara merawat laptop

6 Cara Merawat Laptop yang Jarang Dipakai - Salah satu kebutuhan sehari-hari untuk membantu pekerjaan dimasa sekarang yaitu laptop. Laptop kini menjadi kebutuhan yang digunakan untuk bekerja. Laptop banyak membantu kamu dalam mengerjakan tugas sekolah, bisnis, menulis artikel, dan lain-lain. Bagi mereka yang masih berstatus mahasiswa, maupun pekerja kantoran pasti akan membutuhkan laptop untuk meringankan kewajiban mereka. 

Dan pasti banyak juga beberapa orang yang memiliki pekerjaan yang tidak memerlukan laptop pasti akan terbengkalai begitu saja. Ada juga laptop yang mungkin jarang digunakan, yang hanya digunakan sesaat saja. Tapi perlu diketahui, laptop yang sering digunakan maupun tidak, itu diperlukannya perawatan laptop, agar laptop tidak mudah rusak atau beberapa komponen tidak berfungsi. Entah faktor penyimpanan yang sembarangan, jarang digunakan, suhu yang panas atau lembab, itu merupakan salah satu penyebab kerusakan laptop.

Baca Juga: Terbukti! Inilah Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri Terbaru

Cara Merawat Laptop agar Panjang Umurnya

Merawat laptop adalah salah satu cara untuk memberi usia laptop lebih lama, maka dari itu diperlukannya merawat laptop agar laptopmu tidak mudah rusak. Termasuk bagi orang-orang yang setiap hari menggunakan laptop maupun yang jarang menggunakannya. Namun disini bagi kamu yang jarang menggunakan laptop, Jalur Tech akan membantumu dalam hal merawat laptop yang jarang digunakan tidak cepat rusak.

1. Hidupkan Laptop Sesekali

Komponen-komponen akan menjadi dingin, jika kamu tidak pernah menyalakan laptopmu. Maka dari itu hal yang diperlukan hanya menyalakan laptopmu sesekali walaupun jarang dihidupkan, agar komponen-kompen di dalamnya tidak akan dingin atau rusak tentunya.

2. Selalu Dibersihkan

Tidak peduli merk laptopmu apa, mahal atau tidaknya, laptop juga perlu dijaga kebersihannya, mulai dari debu yang menempel di keyboard, hingga layar laptop, karena debu mempengaruh terhadap peforma laptop yang kamu gunakan. Gunakan lap microfiber yang halus supaya LCD tidak lecet. Walaupun laptop jarang digunakan, setidaknya kamu selalu membersihan laptopmu, supaya peforma atau kinerja laptop tidak rusak. Dengan rutin melakukan pembersihan laptop itu minimal 1-2 minggu sekali, yang terpenting jangan sampai tidak sama sekali dibersihkan. 

3. Isi Ulang Baterai Laptop Sesekali

Jangan pernah lupa untuk selalu mengisi ulang daya baterainya, walaupun kamu jarang menggunakannya. Untuk menjaga kondisi laptop yang jarang dipakai, sesekali kamu mengisi baterainya, agar suhu laptop tidak lembab, minimal mengisi daya baterai 1 - 2 minggu sekali. Itu akan membuat komponen-komponen laptop di dalamnya menjadi dingin.

4. Posisikan Laptop Terbuka

Mungkin cara ini cukup terbilang aneh ya, tapi dengan cara memposisikan laptop dalam keaadan terbuka sudah dibuktikan dapat mengurangi kerusakan komponen pada keyboard. Jalan lain seperti kamu menyimpan laptop dengan posisi terbuka pada saat kamu sedang di lokasi yang terkena sinar matahari jangan sampai di tempat yang lembab, karena itu akan merusak komponen laptop.

5. Cabut Baterai Laptop

Untuk kamu yang memiliki baterai laptop yang dapat dilepas, dilepas saja baterainya. Jika kamu sudah tidak pernah memakai laptop alangkah baiknya baterai dilepaskan. Wajib dilakukan agar tidak terulur daya arus listrik. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan baterai laptop dan menjaga usia baterai.

6. Gunakan Pelindung Laptop

Meskipun kamu menyimpan laptop di tempat luas dan terbuka, untuk menjaga lebih ekstra supaya tidak mengenai laptop kamu dari benda-benda yang tidak sengaja jatuh ke arah laptopmu atau juga menjauhkan laptopmu dari kelecetan, jaga laptopmu dengan pelindung ekstra samping. Dengan cara menggunakan styrofoam, gunakanlah di sisi kanan kiri laptop agar melindungi laptopmu dari segi kelecetan atau benda-benda yang tidak sengaja jatuh.

7. Hindari Benda Berat di Atas Laptop

Bentuk laptop ketika tertutup memanglah rata. Bentuk yang mana membuat orang-orang ingin menaruh sesuatu di atasnya. Apalagi benda yang berada di atasnya berbobot berat dan pastinya laptop menahan beban tersebut. Ketika saat laptop tertutup dan ada sesuatu di atas laptop, itu akan membuat LCD tertekan, ini tidak boleh akan berakibat fatal pada LCD nantinya. Mau benda itu ringan, tetap tidak boleh ada barang di atas laptop. Sebuah tindakan ini padahal membuat laptop kita mudah rusak. 

Akhir Kata

Begitupun cara dan tips merawat laptop agar tidak mudah rusak, semoga tips dari Jalur Tech bermanfaat dan membantu kamu dalam merawat laptop.

1 komentar untuk "6 Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai Supaya Tidak Mudah Rusak"

close