Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card di Windows

Cara Melihat Kapasitas RAM dan Graphic Card

Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card di Windows - Ketika RAM dan Graphic Card semakin besar jumlah kapasitasnya, maka akan lebih bagus lagi performa-nya dan lebih maksimal dalam menjalankan sebuah aplikasi. Sebab, selain prosessor. Dua perangkat keras ini juga sangat berpengaruh dalam menjalankan aplikasi, seperti Game yang berukuran besar, Editing Video, Editing Foto, dan lain-lain. 

Dan, kamu baru membeli Laptop, tetapi tidak tahu cara melihat kapasitas RAM dan Graphic Cardnya? Tenang. Pada kesempatan kali ini, Jalur Tech akan membahas mengenai bagaimana cara mengetahui kapasitas RAM dan Graphic Card.

Karena, kemungkinan banyak yang tidak tau cara mengetahuinya berapa jumlah yang ia miliki pada komputernya. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? langsung saja disimak berikut ini.

Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card 

RAM (Random Access Memory) yaitu wadah penyimpanan data atau perintah program yang memiliki sifat hanya sementara di dalam komputer. Graphic Card yaitu kartu yang bekerja untuk menampilkan gambar pada layar monitor.

Untuk kamu yang suka dan hobby mengupgrade PC, harus mengetahui dulu, apa itu fungsi-fungsi dan juga apa saja yang dibutuhkan pada saat ingin merakit PC atau mengupgrade salah satu komponen-nya. Sehingga pada saat membeli, kamu sudah tahu apa yang diinginkan atau dibutuhkan pada komputermu. 

Cara Mengetahui Kapasitas RAM di Windows

Tips yang akan kami bagikan sangat mudah dan juga bersifat universal, sehingga juga bisa digunakan untuk laptop windows 7, windows 8, dan windows 10.  Berikut langkah-langkahnya. 

Cara Melihat RAM Laptop di Windows 10

  • Pertama, klik logo Windows > Lalu klik "Settings"
  • Kedua, pilih System > Scroll paling bawah cari "About"
Cara di atas juga bisa digunakan pada Windows 8, karena caranya tidak jauh berbeda.

Cara Melihat RAM Laptop Windows 7

Cara Melihat RAM Laptop Windows 7
  • Pertama, klik logo "Windows" > Kemudian ketik "Control Panel"
  • Kedua, pilih "System and Security" > Lalu klik "System"

Selesai, sangat mudah banget bukan caranya?

Cara Mengetahui Kapasitas Graphic Card di Windows (Lengkap)

Dan, untuk melihat kapasitas Graphic Card yang kalian gunakan, kamu bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini.

Cara Melihat Graphic Card
  • Pertama, klik tombol pencarian lalu ketik "Control Panel".
  • Kedua, pilih "Appearance and Personalization".
  • Terakhir, pilih yang paling bawah "NVIDIA Control Panel".
Karena di sini saya menggunakan laptop ASUS dan juga menggunakan NVIDIA, jadi yang muncul yaitu NVIDIA Control Panel.

Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card dengan DxDiag

Caranya dengan menggunakan alat DxDiag (DirectX Diagnoatic Tools), kamu bisa sekaligus melihat kapasitas RAM dan Graphic Card yang kamu gunakan. Caranya mudah banget. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card dengan DxDiag
  • Klik logo pencarian > Ketik "dxdiag" atau bisa juga menekan tombol Windows+R dengan bersamaan, kemudian ketik "dxdiag"
Jika sudah akan muncul beberapa informasi mengenai kapasitas RAM, BIOS, Sistem Operasi, dan lain-lain. Untuk mengetahui kapasitas Graphic Card, ada di bagian tab menu "Display"

Akhir Kata

Semoga artikel di atas dapat memudahkan kamu yang ingin mencari berapa jumlah kapasitas RAM dan Graphic Card, yang digunakan pada komputer atau laptopmu. Namun, jika ada yang ingin ditanyakan, dapat tulis di kolom komentar di bawah. Semoga berguna dan bermanfaat, ya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kapasitas RAM dan Graphic Card di Windows"