Cara Upload File atau Data ke Google Drive di PC dan HP

Cara Upload File atau Data ke Google Drive di PC dan HP

Kebutuhan penyimpanan file secara online saat ini semakin meningkat pesat seiring dengan perkembangan internet dan alat-alat yang mendukung fitur backup data online menjadi semakin penting. Di antara banyaknya pilihan, yang paling menonjol adalah Google Drive. 

Jalur Tech akan membahas bagaimana caranya untuk mengupload file dan juga data ke Google Drive agar lebih aman lagi dan tidak takut kehilangan data, dibanding media penyimpanan fisik. Google Drive lebih aman dari segala masalah yang biasanya terjadi seperti Malware.

Pengertian Google Drive 

Layanan Google Drive merupakan alat penyimpanan data cloud-based yang memungkinkan kita untuk mencadangkan file, foto, video, dokumen online, dan dapat mengaksesnya di mana saja melalui smartphone, komputer, laptop, dan perangkat lain yang terhubung ke internet. Google Drive membuat penyimpanan dan akses data dari jarak jauh sangat mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk berbagi file-file kita dengan pengguna lain, sehingga Google Drive menjadi utilitas yang banyak digunakan bagi para pelajar, mahasiswa, dan karyawan kantor. Jika kamu mengunggah data dari program yang kompatibel seperti: Microsoft Word, Excel, Google Drive akan memungkinkan kamu untuk mengedit langsung dengan aplikasi terkait lainnya seperti Google Docs, Google Spreadsheet.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Link Google Drive Agar Bisa Dilihat Publik 

Dengan Google Drive, cukup memiliki akun Google, kalian akan langsung diberikan 15GB storage gratis yang siap digunakan untuk sinkronisasi dan berbagi data dengan aman dan terlindungi. 

Cara Upload File ke Google Drive

Setelah mengunggah data ke Google Drive Cloud, tidak peduli format file apa yang digunakan, kalian bebas untuk mengatur, mengedit, mengakses, dan berbagi data tersebut kapan saja dan di mana saja, selama memiliki perangkat yang terhubung ke internet. Karena data yang disimpan di Google Drive selalu disinkronkan dengan perangkat lain yang terhubung ke akun Google kita, file-file tersebut akan secara otomatis diperbarui setiap kali ada perubahan.

Dalam konteks file data, gambar, video, dan lainnya, cara mengunggahnya ke Google Drive sama persis. Pastikan file kalian bebas virus saat Google melakukan scanning, maka proses unggah file ke Google Drive akan sangat mudah. Selain itu, kita juga bisa mengunggah data berukuran hingga beberapa GB tanpa banyak kesulitan, asalkan storage kamu masih memiliki ruang kosong. Berikut ini, Jalur Tech akan memandu kamu cara mengunggah file ke Google Drive dengan cepat dan simpel. Berikut ini caranya:

  1. Akses Google Drive melalui shortcut aplikasi pada toolbar Google atau melalui tautan drive.google.com/drive
  2. Melakukan login ke akun Google yang ingin kalian hubungkan dengan data cloud.
  3. Pilih lokasi untuk mengunggah file ke Google Drive.
  4. Pengguna bisa saja mengunggah dokumen langsung ke beranda Drive, tetapi untuk memudahkan manajemen di kemudian hari, Jalur Tech menyarankan untuk membuat folder khusus terlebih dahulu. Setelah folder dibuat, kalian dapat mengunggah file ke folder yang sesuai untuk memudahkan pengaturan, modifikasi, dan akses kembali. Pertama-tama, klik "Drive Kita" dan pilih "Folder Baru" di dalam dialog yang muncul.
  5. Masukkan konten atau nama folder sesuai keinginan Anda, lalu klik "Buat" untuk menyelesaikan pembuatan folder penyimpanan.
  6. Lanjutkan untuk meng-upload file ke Google Drive Anda
  7. Setelah memilih lokasi untuk meng-upload data, kalian hanya perlu klik tanda tambah [+] di sebelah kiri antarmuka
  8. Kemudian, klik "Upload File"
  9. Selanjutnya, pilih file, gambar, video yang ingin disimpan secara online. Jika kamu hanya ingin meng-upload beberapa file, lanjutkan untuk memilih file yang sesuai untuk diunggah ke Google Drive. Setelah selesai memilih, klik "Open" untuk menyelesaikan proses pengunggahan data ke Google Drive. Jika file kalian memiliki ukuran yang besar, waktu yang dibutuhkan untuk meng-upload ke Drive akan lebih lama.
  10. Selesai.

Penutupan

Dengan demikian, melalui artikel panduan cara mengunggah file ke Google Drive di atas, Jalur Tech berharap kita sudah sebagian paham mengenai fitur-fitur dasar Google Drive dan bisa dengan mudah melakukan upload data file ke Google Drive serta mengakses dan berbagi dari jarak jauh. 

Sources: Mantap Tech

Posting Komentar untuk "Cara Upload File atau Data ke Google Drive di PC dan HP"