Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Meet dan Zoom Cloud Meetings, Simak Perbedaannya!

Perbedaan Google Meet dan Zoom Meeting

Di masa pandemi banyak kegiatan yang mulai dilakukan secara online. Contohnya seperti belajar, bekerja, rapat bahkan bersosialisasi dilakukan secara daring dari rumah dengan menggunakan media komunikasi jarak jauh. Media komunikasi jarak jauh ini sangat meningkat karena banyaknya orang dari berbagai kalangan yang mengunduh aplikasi ini. Aplikasi ini sangat dibutuhkan pada masa pandemi seperti ini, perusahaan maupun sekolah masih sangat bergantung dengan aplikasi konferensi video. Maka dari itu banyak aplikasi konferensi video yang bermunculan.

Perbedaan Zoom dan Google Meet (Wajib Tahu)

Zoom Cloud Meetings belakangan ini sangat populer. Aplikasi ini populer di era pandemi COVID-19 karena banyak orang yang mulai menggunakannya untuk keperluan masing-masing. Sebelumnya,  sudah ada aplikasi konferensi video, yaitu Google Meet. Google Meet ini sudah terintegrasi langsung dengan akun Google di Laptop/PC melalui Chrome ataupun smartphone.

Google Meet dan Zoom Cloud Meetings, kedua aplikasi ini mempunyai peran yang sama namun tetap terdapat beberapa perbedaan, keduanya pun bisa sama-sama diakses di laptop/PC dan juga smartphone. Manakah yang paling efisien dalam penggunaan data. Nah, di sini Jalur Tech akan memberikan perbedaan antara Google Meet dan Zoom Cloud Meetings! kamu tim mana?

1. Kapasitas Anggota/Peserta

Google Meet hanya menampung maksimal 250 Peserta dalam setiap kali rapat. Dalam hal ini Zoom Cloud MEetings lebih unggul dalam kapasitas maksimum dibandingkan dengan Google Meet. Di dalam Zoom terdapat 2 layanan, yaitu gratis dan berbayar. Pada layanan gratis Zoom hanya dapat menampung 100 pengguna dengan batas waktu/durasi 40 menit. sedangkan pada layanan berbayar Zoom dapat menampung 500-100 Peserta. Namun, keduanya sangat memudahkan kita sebagai para pengguna untuk melakukan rapat.

2. Fitur Pendukung

Fitur yang terdapat dalam Zoom Cloud Meetings lebih lengkap dibandingkan dengan Google Meet, Karena Zoom memang dari awal difokuskan untuk media konferensi video online dan juga sebagai cara untuk dapat berkomunikasi tatap muka jarak jauh. Dalam aplikasi Zoom Cloud Meetings terdapat fitur untuk mengganti latar belakang tampilan, biasanya fitur ini digunakan untuk mengubah latar gambar atau video agar lebih menarik dan unik. Lalu fitur yang terdapat pada Zoom adalah fitur menghaluskan kulit yang membuat kita lebih cantik dan rapih. Selain itu Zoom mempunyai fitur dimana pengguna dapat mengirimkan pesan kepada semua peserta dan kepada masing-masing peserta saat konferensi video berlangsung. Sedangkan Google Meet, pesan teks hanya dapat dilakukan saat melakukan panggilan saja.

3. Share Screen

Zoom Cloud Meetings memiliki Fitur untuk mengirim file ke peserta lain selama meeting atau melalui obrolan. File tersebut dapat dikirim ke semua peserta, chat pribadi atau grup tertentu yang sudah dibuat. Di dalam Google Meet terdapat fitur untuk melampirkan semua jenis file seperti Foto, Video, PDF dan lain-lain. File tersebut dapat diakses oleh semua peserta yang ada dalam rapat secara otomatis.

4. Biaya Tambahan

Google Meet ada waktunya, tidak selamanya gratis. Dengan hanya memberikan waktu selama 60 menit. Untuk seterusnya kamu diwajibkan untuk membayar dengan tarif US $8 per bulan sekitar Rp 116.000 bagi 150 partisipan yang berlangsung selama 24 jam.

Perbedaan Fitur dari setiap Aplikasi

Ada beberapa perbedaan di setiap fitur yang dapat dijumpai dalam kedua aplikasi tersebut. Zoom Cloud Meetings sangat memiliki penawaran yang lebih unggul dibandingkan dengan Google Meet. Pada aplikasi Zoom terdapat fitur menahan suara peserta agar tidak berbicara pada saat rapat/diskusi. Misal dalam diskusi, ada peserta yang ingin bertanya. Maka fungsi dari fitur ini adalah host dapat menahan suara beberapa peserta dan memberi kesempatan pada peserta yang ingin bertanya. 

Dengan menggunakan aplikasi konferensi video ini, maka semua kegiatan akan jauh lebih mudah dilakukan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan kebingungan karena keterbatasan untuk langsung beratatap muka yang kini sedang mengalami pandemi. Karena kini sudah banyak aplikasi konferensi yang dapat dipakai. Silahkan dicoba, ya!

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang perbedaan antara Google Meet dan Zoom Cloud Meetings. Semoga membantu dan bermanfaat.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Google Meet dan Zoom Cloud Meetings, Simak Perbedaannya!"

close