Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Telegram Beserta Fitur dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Telegram

Panasnya isu privasi data di WhatsApp, membuat para pengguna telegram melonjak tajam yaitu sebesar 72 jam terakhir sudah lebih dari 25 juta pengguna baru dengan total 500.000.000 pengguna aktif setiap bulannya di aplikasi telegram. 

Sekilas Telegram 

Telegram merupakan aplikasi pesan teks instan berbasis cloud. Aplikasi yang sangat populer dengan alternatifnya yaitu WhatsApp. Telegram didirikan oleh Pavel Durov dan Nikolai pada tahun 2013.

Sebelumnya, mereka sudah merilis situs jejaring sosial Rusia yang populer, yakni VKontakte (VK). Pasangan kedua tersebut menjualnya pada tahun 2014 dan kabur ke Rusia sesudah mencegah untuk membuka data atas demonstrasi ke pemimpin Ukraina. 

Aplikasi Telegram ini sudah disukai dan diberi pujian atas memberikan keamanan pribadi untuk mengirim teks. Telegram yang diawasi dan dioperasikan sama perusahaan berdaulat.

Ini membuat aplikasi telegram menjadi salah satu yang terbaik di dunia untuk kategori aplikasi messenger. Buat kamu yang belum familiar atau pengen tahu, apa sih telegram itu, apa saja yang ada di telegram dan fitur-fitur apa saja. Nah, di sini Jalur Tech akan membahas sampai tuntas mengenai aplikasi messenger Telegram. 

Cara Membuat akun Telegram

Aplikasi ini gratis tersedia di Google Play Store maupun App Store.

  1. Unduh aplikasi Telegram di Google Play Store atau App Store
  2. Daftarkan nomor HP kamu yang masih aktif
  3. Kemudian, dapatkan kode OTP, yang mana nanti kamu akan di SMS. Lalu masukan kode OTP itu untuk verifikasi di Telegram
  4. Masukan Username yang kamu inginkan

Apa Fitur Telegram yang Berguna dan Orang Suka?

Aplikasi Telegram ini memiliki interface yang simple dan sederhana. Dan apa perbedaan fitur dengan aplikasi pesan instan lainnya. 

Terdapat 2 Mode Tampilan, Mode Gelap dan Mode Terang. Dapat mengirim pesan teks. Dapat mengirim foto. Dapat mengirim video. Dapat mengirim file. Dapat mengirim kontak. Dapat mengirim musik, hingga Berbagi Lokasi. 

Khusus mengirim file, kamu dibatasi 1.5 GB, bayangin kamu dapat mengirim data ke teman, beda dengan WhatsApp yang hanya beberapa MB saja. Selain itu kamu dapat menelpon dan video call teman kalian di Telegram ini, cukup lengkap bukan fitur-fiturnya. 

Dan lebih keren dapat mengirim stiker yang lucu-lucu di sini dengan mudah, dan juga kalian dapat mengirim gif yang ingin dicari gampang banget sangat userfriendly. Selanjutnya kalian juga dapat membuat grup dan join grup dengan maksimal anggota grup sebesar 200 Ribu pengguna dalam satu grup. Beda banget dengan WhatsApp yang hanya beberapa ratus orang saja di dalam grup.

Kamu juga dapat mencari teman atau orang-orang hanya dengan mengenal nama pengguna nya, kamu harus mengetahui nama pengguna orang itu untuk mencarinya di Telegram, atau juga bisa dengan cara mencarinya dengan no HP, no HP wajib yang didaftarkan saat membuat Telegram.  

Untuk privasi dan keamanan, pengguna tidak wajib untuk mengisi nama pengguna jika tidak ingin diketahui oleh orang-orang. Tidak satupun orang dapat menemukan akun Telegram kamu dalam pencarian.

Dan kamu dapat menyimpan pesan di Telegram, fitur ini mirip dengan platform Twitter, untuk pengguna Telegram miliki penyimpanan pribadi, kamu bisa mem-bookmark pesan. Fitur ini digunakan untuk kamu yang suka lupa hal-hal penting atau untuk memudahkan kita dalam mencari pesan.

Bot Telegram

Dan fitur yang menarik dimiliki Telegram yaitu adanya Bot, Bot di Telegram sangat banyak dan sangat membantu bagi setiap orang. Berikut beberapa Bot yang ada di Telegram : 

  • Download Video atau Audio dari Youtube
  • Download Foto
  • Membuat Stiker
  • Belajar Matematika, Bahasa Inggris
  • Terjemah Bahasa
  • E-book Gratis
  • Lirik Lagu
  • Bermain Tebak-Tebakan
  • Convert Berbagai Jenis File ke PDF
  • Convert Foto/Gambar ke PDF
  • Menulis Catatan, dan masih banyak lainnya.

Selain Bot, Telegram juga memiliki fitur Channel, Channel ini berguna untuk kalian mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat atau fitur-fitur yang ada di Channel itu sendiri.

Perbedaan Grup dan Channel

Hampir sama hanya saja untuk channel kita tidak bisa berkomunikasi dengan pemilik channelnya. Pemilik channelnya itu yang akan membagikan informasi-informasi di channel tersebut. Sedangkan grup, kita bisa beriteraksi dengan satu sama lainnya. Nah, itu perbedaan grup dengan channel. Tidak jauh berbeda bukan.

Akhir Kata

Untuk kamu yang belum terlalu paham mengenai Telegram,  Artikel di atas membahas tentang mengenai aplikasi Messenger Telegram, Apa saja fitur-fitur yang dimiliki dan apa saja kegunaannya, Jalur Tech sudah membahasnya secara lengkap. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat, ya.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Telegram Beserta Fitur dan Cara Menggunakannya"

close