Cara Mengecek Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian

Cari Tahu Sinyal Internet Terbaik di Lokasi Agan

Jalur Tech akan memberikan tips cara mengetahui sinyal kartu terbaik di daerah kita. Untuk mengetahui cara cek kekuatan sinyal, bisa menggunakan aplikasi cek sinyal provider, bahkan untuk mengecek sinyal tanpa kartu juga bisa. Ketika saat kita sedang berpergian, kita pasti membawa gadget. Gadget yang kita gunakan pasti akan membutuhkan koneksi jaringan sinyal yang bagus, untuk melakukan pekerjaan, untuk bermain sosial media, atau juga bermain game online. Jika sinyal di daerah kita jelek, akan terasa sangat menyulitkan. 

Terkadang, sinyal provider yang kita gunakan di setiap daerah itu sudah pasti berbeda-beda. Misalnya, di rumah kita, sinyal providernya sangat bagus, belum tentu sinyal operator di daerah lain itu bagus, bahkan bisa jadi tidak ada sinyal sama sekali. Akan beruntung jika kamu memiliki dua kartu provider, jika salah satunya tidak memiliki sinyal, dan yang keduanya memiliki sinyal, itu akan sangat menguntungkan bagi kamu. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kartu provider yang bagus di daerah yang kamu kunjungi. Lalu, bagaimana caranya, untuk mengetahui sinyal operator yang kita gunakan itu bagus? Semua akan dibahas pada kesempatan kali ini, langsung saja disimak berikut ini.

Cara Cek Sinyal Operator dengan Menggunakan Ponsel 

Banyak cara untuk cek kekuatan sinyal, untuk mengecek sinyal operator bisa digunakan dengan cara menggunakan ponsel, bisa juga melalui aplikasi. Namun, kali ini Jalur Tech akan membahasnya secara lengkap. Langsung saja disimak penjelasan berikut ini.

1. Melihat Bar Sinyal 

Cara ini kamu tidak membutuhkan aplikasi cek sinyal provider. Hanya dengan menggunakan smartphone kalian. Cara ini termasuk universal, jadi bisa digunakan dengan smartphone Android dan iOS. Untuk kamu yang baru memiliki gadget, biasanya sudah tidak awam akan masalah ini, karena bisa dengan mudah untuk mengetahuinya. Berikut caranya.

Cukup mudah, kamu hanya perlu melihat simbol di pojok kanan atas. Biasanya, bar sinyal berada tepat di sebelah ikon baterai. Jika bar sinyal operator kamu banyak atau penuh. Itu berarti, sinyal operator yang kamu gunakan di daerah yang kamu kunjungi itu sangat bagus. Kamu dapat menggunakannya untuk Telepon, SMS, dan bisa membuka Media Sosial tentunya.


Begitu sebaliknya, jika bar sinyal operator yang kamu gunakan itu cuma satu, bahkan tidak ada sama sekali. Itu berarti tempat daerah kamu itu tidak mendukung provider tersebut. Coba sesekali kamu pergi ke tempat terbuka, seperti balkon atau lapangan. Untuk menghindari objek gangguan sinyal, seperti tembok tinggi dan pohon. Ada juga faktor lainnya seperti, hujan deras disertai cuaca buruk, itu juga termasuk faktor yang membuat sinyal buruk.

2. Cek Kekuatan Sinyal dengan Status Ponsel

Cara yang kedua, kamu juga tidak perlu membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup dengan melihat status ponsel pada HP kalian. Status ponsel, akan menampilkan provider yang digunakan, dan juga melihat kekuatan sinyal operator yang kamu gunakan.
Berikut langkah-langkahnya.
  • Pergi ke Pengaturan smartphone kalian
  • Scroll ke bawah dan cari Tentang Ponsel
Cari Tahu Sinyal Internet Terbaik di Lokasi Agan
  • Klik Status kartu SIM
Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terbaik / Terkuat di Daerahmu

Setiap smartphone sudah pasti berbeda-beda, tetapi di setiap smartphone sudah pasti memiliki Status Ponsel. Jika tampilan di atas berbeda, caranya tetap sama, intinya temui status ponsel atau tentang ponsel. Jika sudah ketemu, akan muncul beberapa tampilan : 

Cara Memilih Kartu SIM Internet Cepat Sesuai Lokasi
  • Jaringan
  • Kekuatan sinyal
  • Tipe jaringan seluler
  • Status layanan
  • Roaming
  • Status jaringan seluler
  • Nomor telepon
Dan tentunya juga tampilan ini akan berbeda pada tiap ponsel. Akan tetapi, kelebihan cara ini bisa untuk cek sinyal semua operator. Pastikan kamu selalu menggunakan Jenis Jaringan 4G LTE, karena di jaman sekarang, 2G atau 3G sudah cukup lambat untuk koneksi internetnya.  Untuk mengecek bagus atau tidaknya sinyal pada status ponsel, kamu bisa memperhitungkannya seperti ini.

Kekuatan sinyal 4G LTE

  • RSRP (Reference Signal Received Power): -95 dBm 50 asu
  • RSCP (Received Signal Code Power) : -95 dBm 50 asu
  • RSSI (Received Signal Strength Indicator) : -95 dBm 50 asu
Catatan : Semakin kecil angka dBm atau angka asu, akan semakin bagus sinyal operatornya. Sebaliknya, jika semakin besar angka dBm dan angka asu nya, itu semakin buruk sinyal operatornya. 

Untuk membandingkan sinyal yang baik atau buruk, kalian bisa menggunakan dua jenis provider dalam satu HP (dual SIM). Kalian bisa membandingkan sinyal mana yang lebih kecil diantara dua provider tersebut. Itu akan mempermudah dalam mengetahui sinyal operator mana yang lebih baik di daerah kalian tinggal.

3. Gunakan opsi Operator Jaringan

Pada setiap HP yang menggunakan provider, tentunya mempunyai Operator Jaringan, cara ini dapat mempermudah kamu dalam mencari sinyal otomatis pada HP kamu, ketika kamu berada di suatu tempat.  Berikut langkah-langkahnya.
  • Pergi ke Pengaturan
  • Pilih Kartu SIM & data seluler
Cari Tahu Sinyal Internet Terbaik di Lokasi Agan
  • Pilih salah satu provider > Klik Operator
Cari Tahu Sinyal Internet Terbaik di Lokasi Agan
  • Kemudian > Aktifkan Pilih otomatis 
Cara Memilih Kartu SIM Internet Cepat Sesuai Lokasi

Jika, HP kamu menggunakan dual SIM, lakukan semua pada SIM yang kamu miliki. Cara ini sangat berguna ketika kamu berada dimana saja, karena sinyal akan menangkap dengan sendirinya. 

4. Mengecek Sinyal Operator Menggunakan Aplikasi Opensignal

Cara Cek Kekuatan sinyal di sekitar kita

Nah, untuk cara kali ini, dibutuhkan aplikasi untuk mengecek kekuatan sinyal operator. Aplikasi ini cukup akurat dalam mendeteksi sinyal operator, operator apa yang bagus di daerah kalian. Opensignal tersedia dan bisa di unduh secara gratis di dua platform, yakni Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini membutuhkan akses lokasi kamu dan juga membutuhkan izin untuk mengakses status telepon, jika sudah menginstall dan membuka ada hal seperti itu, izinkan saja, aplikasi ini aman digunakan. 

Fungsi Lain dari Aplikasi Opensignal

Tidak hanya itu, aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk mengecek kekuatan sinyal, tetapi memiliki fungsi lain, seperti : 
  • Uji Kecepatan
  • Uji Video
  • Statistik Jaringan
  • Menara Seluler
Uji Kecepatan : Berfungsi untuk menguji berapa kecepatan Unduh, Unggah dan Latensi, operator yang digunakan pada lokasi terkini.

Uji Video : Berfungsi untuk menguji kualitas layanan streaming video. Jika kalian mencoba fitur ini, kalian akan ditampilkan kualitas video yang sesuai dengan jenis jaringan internet yang kalian gunakan.

Statistik Jaringan : Berfungsi untuk menampilkan statistik operator rata-rata pengguna Opensignal yang diukur pada area terkini.

Menara Seluler : Berfungsi untuk menampilan letak-letak Tower pada setiap operator yang kalian gunakan. Jika kamu kesusahan sinyal, kamu bisa ikuti arahan dari Opensignal untuk mendekati Tower terdekat dengan operator yang kamu gunakan.

AKHIR KATA

Jika cara di atas sudah diikuti dan dipahami dengan baik, silahkan gunakan jenis sinyal provider yang terbaik di daerah kalian, karena tentunya itu akan membuat kamu menjadi nyaman saat sedang menggunakan smartphone ketika sedang berinternet. Tidak akan susah untuk mendapatkan sinyal lagi, kamu hanya perlu mengisi kouta internet, lalu gunakan internet sepuasnya, dengan bijak tentunya, ya. 

Pada aplikasi Opensignal mungkin tidak 100% akurat, kembali lagi, gunakan aplikasi ini dengan sesuai kebutuhan kalian masing-masing. Semoga artikel di atas dapat membantu kamu dalam mengecek sinyal operator apa yang terbaik pada daerah kalian. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian"