Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan USB Type-A, Type-C, Micro, dan Lightning yang Umum Digunakan

Perbedaan Micro USB dan Type C

Kabel USB merupakan perangkat keras yang penting untuk menghubungkan sebuah charger. Oleh karena itu, pengguna smartphone wajib mempunyai kabel usb dan charger, karena dua alat tersebut penting untuk mengisi daya baterai HP. Dan, semakin berkembangnya zaman, kini kabel USB (Universal Serial Bus) memiliki berbagai macam jenis yang sudah dibuat hingga saat ini. Seperti produk smartphone Android keluaran terbaru, hampir semua sudah memakai kabel charger Type C. Selain kabel data Type C, saat ini masih banyak yang menggunakan Type A, Lightning, dan Micro. Namun, apakah kalian tau perbedaan dari masing-masing jenis kabel usb? jika kamu ingin membeli salah satu dari keempat jenis usb, pastikan kalian tau perbedaannya, sehingga kalian tidak salah membeli. Nah, pada kesempatan kali ini, Jalur Tech akan membahas mengenai perbedaan keempat jenis USB tersebut.

1. USB Type-A

USB Type A merupakan kabel USB yang banyak digunakan dan mudah ditemukan dimana-mana. Memiliki segi bentuk persegi panjang, yang hingga saat ini mudah ditemukan. Karena kabel data Type A hingga ini masih digunakan pada perangkat komputer, laptop, dll. Lalu pada bagian adaptor smartphone, itu juga menggunakan kabel USB jenis ini. Tidak hanya pada smartphone saja, tetapi masih digunakan pada game konsol, seperti PlayStation, Xbox, Nintendo, DVD, dan pada sebagian perangkat Televisi pun dilengkapi port USB Type A. Karena port tersebut digunakan untuk bermain gamepad atau sambungan kontroler.

2. USB Type-C

Charger Type C

USB Type C pada saat ini banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru, karena jenis USB ini termasuk keluaran terbaru. Kelebihan USB ini, bisa digunakan bolak-balik. Karena memiliki bentuk sisi yang sama, sehingga bisa digunakan berbagai sisi, sisi atas maupun bawah. Dan, biasanya USB Type C ini mendukung fitur fast charging. Selain itu, kelebihan menggunakan USB jenis ini yaitu, memiliki kemampuan transfer data yang cepat. Sehingga pada saat ini, jenis usb Type C merupakan paling banyak digunakan bagi pengguna smartphone, terutama pengguna smartphone Android.

3. USB Micro

Micro USB memiliki bentuk yang gepeng dan lebar, dibandingkan kedua tipe sebelumnya. USB ini biasanya digunakan berbagai tipe smartphone. Digunakan untuk mentransfer data dan mengisi baterai smartphone. Dan jenis USB ini bisa juga digunakan pada power bank, karena hampir semua power bank menggunakan kabel berjenis Micro USB.

4. USB Lightning

USB Type C Iphone Lightning

Ketiga jenis USB sebelumnya biasanya digunakan pada perangkat smartphone Android. Nah, kali ini USB Lightning biasanya digunakan pada perangkat Apple, seperti iPad, iPhone, dan iPod ke komputer. Karena HP Android tidak kompatibel menggunakan USB jenis ini. Produk Apple lainnya yang menggunakan Lightning yaitu Earphone. Jika kamu pengguna iPhone dan iPad, untuk mendengarkan audio dan mentransfer data, pasti akan menggunakan USB Lightning. Dan, untuk bentuk USB Lightning ini mirip dengan Type C, bisa digunakan dari berbagai sisi, akan tetapi hanya bisa digunakan pada produk Apple saja. Sehingga, ketika kamu tidak membawa charger, kamu bisa meminjamnya dengan teman yang sesama produk Apple. 

AKHIR KATA

Sudah tahu kan apa saja perbedaan dari keempat jenis USB di atas? Jadi, sebelum membeli yang dibutuhkan, kamu harus mengetahui apa saja perbedaan dari jenis-jenis USB tersebut, jangan sampai salah membeli. Semoga artikel di atas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan USB Type-A, Type-C, Micro, dan Lightning yang Umum Digunakan"

close