Inilah Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Sampai Salah Sebut

Perbedaan Headphone dan Headset

Sebagian orang awam pasti pernah menyebut sebutan alat untuk mendengarkan lagu itu Headset. Apapun bentuknya, pasti mereka menyebutnya Headset, dan pasti salah satu dari kalian juga pernah menyebutnya dengan sebutan itu. Padahal aksesoris untuk mendengarkan audio itu namanya tidak hanya itu saja, lho. Masih banyak sebutan lain dengan bentuk yang berbeda-beda. Seperti Headphone, Earphone dan Handsfree, itu nama-nama untuk mendengarkan audio, jadi bukan hanya Headset saja.

Dan terkadang orang-orang salah menyebutnya, Headset disebut Earphone, begitupun sebaliknya. Memang aksesoris ini memiliki fungsi yang sangat mirip, akan tetapi memiliki nama yang berbeda. Nah, dengan nama alat saja berbeda-beda, sudah pasti segi bentuk dan fungsi juga berbeda. Lalu, apa saja perbedaannya? Berikut Jalur Tech akan membahasnya perbedaannya. 

1. Headphone

Perbedaan Earphone dan Headset

Headphone sering digunakan untuk mendengarkan musik. Karena headphone dibuat dengan kualitas suara yang baik dan bass yang lebih terasa. Akan tetapi kekurangan dari headphone yaitu tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi, karena tidak memiliki mikrofon. Oleh karena itu fungsi dari perangkat ini sangat cocok digunakan untuk mendengarkan musik saja. Bentuk dari Headphone ini mirip dengan bando, tetapi bando yang dibaluti dengan 2 buah speaker, untuk menutupi teliga kanan dan telinga kiri.

2. Headset

Perbedaan Earphone dan Headset

Dari segi bentuk Headset ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan Headphone. Perbedaanya hanya pada Headset memiliki mikrofon, yang berfungsi untuk berkomunikasi, jadi tidak hanya bisa mendengar, melainkan bisa untuk berbicara. Rata-rata Headset memiliki 2 jack audio, 1 untuk speaker dan 1 untuk mikrofon. Sehingga Headset sangat cocok digunakan untuk mengobrol via Zoom, Google Meet, atau Skype. Headset juga bisa digunakan saat bermain game, sehingga ketika bermain game, kamu bisa berkomunikasi dengan teman sepermainan. 

3. Earphone

Perbedaan Headset dan Headphone

Aksesoris ini biasanya didapatkan ketika membeli HP baru, biasanya di kasih bonus sebuah earphone. Bentuk yang kecil, sehingga sangat mudah dimasukkan ke dalam teliga kita. Dan sangat mudah dibawa kemana saja. Untuk fungsi, mirip dengan headset, bisa juga digunakan untuk berkomunikasi. Maka dari itu earphone sangat cocok digunakan dengan smartphone.

4. Handsfree

Perbedaan Handsfree dengan Earphone

Handsfree memiliki bentuk yang kecil, dan pada saat sekarang ini handsfree sering digunakan, karena bentuk yang kecil dan ada juga yang tidak memiliki kabel, ini sangat berguna karena tidak terlalu menggangu. Untuk menghubungkannya hanya dengan menggunakan bluetooth, sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Handsfree memiliki tombol dan mikrofon, tombol berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan volume dan mengangkat atau mematikan panggilan. 

AKHIR KATA

Karena Jalur Tech sudah memberikan perbedaan antara Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree. Jadi sekarang sudah tau kan perbedaannya? Keempat aksesoris audio di atas memang memiliki fungsi yang hampir mirip, akan tetapi memiliki penyebutan yang berbeda, jadi jangan sampai kebalik atau salah sebut, ya. Semoga artikel yang kami buat dapat bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Inilah Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Sampai Salah Sebut"