Kenapa Hp Realme Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya

penyebab hp realme mati sendiri dan cara mengatasinya

Pada setiap HP mungkin memiliki masalah yang berbeda-beda, misalnya seperti hp yang sedang kita gunakan tiba-tiba mati, sebagian orang pasti bingung apa penyebab hp yang tiba-tiba mati sendiri membuat diri kita merasa panik seketika. Jika Anda menggunakan ponsel Realme dan sedang mengalami permasalahan seperti itu, Jalur Tech akan membahasnya mengenai kenapa hp realme tiba-tiba mati pada saat sedang digunakan serta bagaimana cara mengatasinya.

Terlebih jika ponsel yang Anda miliki masih terbilang cukup baru dan belum digunakan jangka waktu yang lama, itu sudah pasti akan merasakan panik. Akan merasa rugi jika kita baru membeli smartphone tetapi yang kita dapatkan malah seperti itu. Orang mungkin akan berfikir masalah seperti itu sudah pasti rusak, padahal belum tentu. Karena ada alasan lain atau penyebab yang membuat hp Realme mati hidup sendiri ataupun yang hang, dan kami akan berikan cara untuk mengatasi semua permasalahan tersebut.

Penyebab HP Realme Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Permasalahan hp Realme c11 sebenarnya tidaklah berbeda dengan jenis hp Realme lainnya. Hanya saja mungkin belum semua pengguna mengetahui alasan dan penyebab hp realme sering mati sendiri atau tidak bisa hidup sama sekali padahal kondisi baterai ponsel masih penuh. Berikut ini beberapa faktor kenapa hp tiba-tiba mati sendiri serta cara mengatasinya.

1. Kesehatan Baterai HP Mengurang

Pada setiap ponsel yang Anda miliki, tentu memiliki battery health atau kesehatan baterai. Hal yang membuat kesehatan baterai berkurang yaitu sering menggunakan ponsel pada saat charging. Dengan melakukan itu akan membuat baterai hp Anda akan sering cepat habis dan suhu hp akan terasa lebih panas. Cukup berbahaya, karena itu juga membuat umur baterai Anda menjadi tidak lama, bahkan bisa matot atau mati total.

Jadi, untuk mengatasinya yaitu ketika ponsel Anda sedang low battery, langsung dicharge jangan menunggu hingga mati dan jangan pernah dimainkan pada saat melakukan charging, tunggu hingga penuh.

2. Memiliki Bug di Sistem Operasi 

Penyebab hp mati sendiri kedua yaitu adanya bug pada sistem operasi atau di aplikasi. Adanya bug atau virus malware memang membuat resah. Pasalnya, itu akan membuat hp menjadi sering mati hidup sendiri. Itu karena mungkin Anda pernah menginstall aplikasi yang berbahaya, yang tidak memiliki keamanan. 

Untuk menghilangkannya, Anda dapat melakukan wipe data ponsel/reset pengaturan pabrik dan segera menghapus aplikasi yang menurut Anda tidak aman. Dan juga dapat melakukan dengan cara update sistem operasi, itu akan membuat bug pada HP Anda akan menghilang.

3. Tidak Pernah Istirahatkan Ponsel

Penyebab ketiga dapat berasal dari Anda keseringan menggunakan ponsel yang berlebihan sehingga mengalami overheat. Jangan terlalu sering menggunakan hp dengan jangka waktu yang cukup lama, hp pun harus diistirahatkan. Jika Anda sering melakukan kegiatan seperti itu, kemungkinan ponsel akan mengalami mati secara tiba-tiba.

4. File Sampah seperti Cache Penuh

Ketika cache menumpuk itu akan membuat hp menjadi hang atau lag, sehingga membuat kita kesal. Oleh karena itu dengan sering membersihkan data cache, tentunya ponsel akan merasa lebih membaik dan lancar ketika digunakan. Karena cache itu seperti file sampah yang tidak kita gunakan lagi, dan harus sering dibersihkan agar pengoperasian pada aplikasi berjalan dengan baik. 

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai kenapa hp Realme tiba-tiba mati sendiri serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Kenapa Hp Realme Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya"