Perbedaan PUBG Mobile dan Free Fire, Serta Kelebihan dan Kekurangan!

Perbedaan FF dan PUBG

Di sini Jalur Tech akan membahas mengenai perbedaan PUBG Mobile dan Fire Fire, Games Survival atau Battleground memang cukup ramai bagi penggemarnya, seperti PUBG, Fortnite, Rules of Survival, Knives Out, Free Fire, dll. Kedua games online ini bisa didownload secara gratis pada Play Store maupun App Store. Yang membuat games battleground ramai, karena secara gameplay memang mengasyikan, kita dibebaskan untuk explore maps yang luas dengan waktu yang terbatas dan kita juga bisa bermain bareng teman-teman, squad atau team.

Sering menjadi pertanyaan PUBG vs FF lebih bagus yang mana, dan banyak pecinta FF bilang PUBG itu haram, sedangkan pencinta PUBG bilang FF itu game burik tidak ada pintunya. Lalu apa saja perbedaanya, semua akan kita bahas semuanya dengan tuntas. Lebih bagus mana sih antara mereka berdua, langsung saja kita bahas. Untuk kamu yang baru bermain Free Fire, bisa membaca artikel mengenai tentang 6 Cara Bermain Free Fire untuk Pemula, Pasti Booyah! 

Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile Mana Yang Lebih Baik?

Meskipun dua-duanya bergenre Battle Royale, keduanya memiliki perbedaan ketika kita mencoba bermain game eSports Pubg Mobile dan Free Fire. Yang mana para penyuka game tersebut sangat terbilang banyak di Indonesia maupun Internasional. Banyak perdebatan siapa yang terbaik di antara penyuka game Pubg dan Free Fire. Dan banyak yang belum mengetahui apa saja perbedaan mendasar di antara kedua game eSports battleground tersebut.

1. Segi Grafis 

Yang pertama kita bahas dari segi grafis kedua game untuk game yang sudah bersama Garena yaitu Free Fire, grafik yang disediakan memang seadanya, walaupun kita sudah setting Ultra, saat kita sedang melihat sekitar, dan keliling rumah, memang biasa saja, tidak benar-benar wah. Mungkin Develepor ini tidak ingin membuat game menjadi berat, jadi bisa dimainkan diberbagi smartphone.

Untuk Pubg Mobile dari segi grafis jangan diragukan lagi, game ini memang sangat bagus dan realistis, menang jauh dari free fire, tidak hanya FF tapi juga menang di game battleground lainnya. Detail yang ditawarkan game pubg ini memang benar-benar memanjakan mata kita untuk memainkan game ini terus, jadi makin betah memainkannya. Mulai dari karakternya, detail lingkungan, efek shadow (bayangan), apalagi saat kita setting grafik ke UltraHD atau UHD, ini mirip dengan game saudaranya yaitu Pubg Steam.

2. Gameplay

Selanjut nya kita akan bahas dari segi gameplay, gameplay yang ditawarkan dari kedua game sama-sama seru, untuk Free Fire sendiri lebih nyaman dimainkan ketika saat santai tapi tetep seru untuk dimainkan bareng teman. Dan aim cukup mudah, jadi ketika kita keker musuh itu tidak sulit, mapnya cukup luas dan musuh yang tidak terlalu banyak hanya 50 player termasuk kita, dan tidak memakan waktu lama untuk memenangkan permainan.

Beda dengan Pubg Mobile yang benar-benar mirip dengan survival. Map yang sangat luas lebih dari Free Fire, jika kita mau explore tidak bisa dengan hanya berjalan kaki, tapi wajib menggunakan kendaraaan, dan playernya cukup banyak yaitu 100 jadi semakin lama kita mainkan game ini. Untuk kalian yang main free fire lalu pindah ke pubg itu sangat beda, dibutuhkan penyesuaian dan begitupun sebaliknya.

FF memiliki kustomisasi cukup terbatas, karakter yang hanya bisa ganti baju, celanda dan sepatu. Dan kakunya gerakan di game FF itu seperti lompat, lari, tiarap dan waktu nembak, lain halnya dengan PUBG Mobile yang menawarkan kita segudang kustomisasi dari karakter seperti rambut bisa diganti-ganti, muka yang bisa diganti-ganti dan atribut yang banyak seperti baju, celana, topi, sepatu dan kendaraan juga sangat banyak. 

3. Peta 

PUBG Mobile kini memiliki 6 maps, yaitu:

  1. Miramar
  2. Erangel
  3. Sanhok
  4. Vikendi
  5. Livik
  6. Karakin. 
Sedangkan Free Fire memiliki 4 maps, yaitu:

  • Bermuda
  • Purgatory
  • Alpine
  • Kalahari

4. Jumlah Unduhan

PUBG Mobile sudah diunduh lebih dari 500jt+ dengan 39jt ulasan. Sedangkan Free Fire diunduh sebanyak 1M+ dengan ulasan sebanyak 99jt. Secara jumlah unduhan, FF mengungguli PUBGM.

Kelebihan dan Kekurangan PUBG Mobile dan Fire Fire

Pada umumnya setiap game pasti memiliki kelebihan dan kekurangan bagi yang memainkannya, berikut kelebihan dan kekuragannya. 

Kelebihan Free Fire 

  • Control aim yang mudah
  • Mudah dipelajari
  • Stabil
  • Memiliki mode permainan yang cukup banyak
  • Bisa dimainkan di smartphone low end dan memiliki kelebihan skill disetiap karakternya.

Kekurangan Free Fire 

  • Adanya cheater
  • Grafik seaadanya
  • Fitur kustomisasi yang terbatas

Kelebihan PUBG Mobile

  • Grafik yang memanjakan mata.
  • Tingkat variasi karakter, kendaran, senjata yang cukup banyak.
  • Suasana survival lebih real.

Kekurangan PUBG Mobile

  • Adanya cheater.
  • Size yang besar membutuhkan spesifikasi smartphone lebih tinggi untuk dimainkan dengan nyaman.

Kesimpulan 

Setiap game mempunyai pasarnya masing-masing dan target player yang berbeda-beda dari developernya. Dan tentunya balik lagi ke diri kita masing-masing mau main game yang bagaimana, mau bermain PUBG atau Free Fire itu hak kalian yang menentukan, intinya jangan saling menjelekkan game satu dengan lainnya, nikmati permainan di setiap game. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Perbedaan PUBG Mobile dan Free Fire, Serta Kelebihan dan Kekurangan!"