Cara Install SPSS di Laptop dan Komputer dengan Mudah

Cara Install SPSS di Laptop

Apa itu SPSS? SPSS merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan untuk menganalisis statistik. Kebanyakan orang, pasti ada yang belum pernah mendengar atau mungkin pernah dengar tetapi tidak tau fungsi dari aplikasi tersebut. Dan, mungkin dari kalian masih bingung, bagaimana cara menginstall aplikasi tersebut. Pada kesempatan kali ini, Jalur Tech akan membahas mengenai Cara Install SPSS di Windows 7, 8, 10 pada Laptop. 

Pastikan kalian sudah mengetahui spesifikasi laptop atau komputer kalian. Semakin bagus spek yang kalian gunakan, itu akan membuat aplikasi ini berjalan dengan lancar. Jika perangkat sudah memadai, kita bisa langsung melanjutkan ke cara penginstallan. Langsung saja disimak berikut ini.

Cara Install SPSS di Laptop dan PC

Di sini kami menggunakan IBM SPSS Statistics versi 26 64-bit, pastikan kalian mempunyai atau download aplikasi SPSS dengan sesuai sistem operasi yang kalian gunakan, jika sistem operasi laptop atau komputer kalian menggunakan 32-bit, silahkan install SPSS 32-bit, begitupun juga yang 64-bit. Cara penginstallan ini juga bisa digunakan dengan SPSS versi 22,23,24, 25, karena pada setiap perubahan versi hampir tidak ada perbedaan. Semua versi sama cara install-nya. 

Aplikasi ini berjalan dengan Java Runtime Enivornment, yang berarti itu akan menghabiskan RAM yang cukup gede. Untuk berjalan dengan lancar kami merekomendasikan kalian menggunakan RAM 4GB, namun untuk RAM 2GB itu juga bisa, tetapi mungkin akan terasa berat.

Cara Install SPSS di Windows
Pertama, siapkan file setup SPSS versi berapa saja, yang kami gunakan ini versi 25. Untuk ukuran file sebesar 700MB - 1GB tergantung kalian menggunakan versi berapa. Kalian bisa membeli CD SPSS original, atau mencari file yang bertebaran di internet. Nah jika kalian sudah mempunyai file setup SPSS, kita akan lanjutkan proses penginstallan. Berikut langkah-langkah Cara Install SPSS.
  1. Buka file setup SPSS, kemudian akan muncul IBM SPSS Statistics 25, di situ akan ada pilihan Next dan Cancel, klik "Next" untuk melanjutkan.

    Cara Menginstal IBM SPSS Statistics


  2. Dihalaman berikutnya pilih "I accept the terms in the license agreement" Yang menandakan Anda telah mensetujui dan menerima persyaratan dalam perjanjian lisensi SPSS.

    Cara Install IBM SPSS Statistics 26

  3. Selanjutnya, kita akan menginstall Essentials for Python pada SPSS, untuk melanjutkan kita pilih "Yes". Karena di dalam program SPSS membutuhkan pemograman bahasa jenis Python. Kemudian klik "Next".

    Cara Install IBM SPSS Statistics 25

  4. Kemudian, kita diwajibkan untuk menyetujui Phyton License Agreement, kita pilih "I accept the terms in the license agreement" kemudian klik "Next". Lakukan hal yang sama pada perintah pada bagian selanjutnya.

    Cara Memasang SPSS 28 di Laptop atau PC Windows 10


    Cara Install dan Aktivasi SPSS 24 di Laptop Windows 10,8,7

  5. Berikutnya, akan tampil pilihan dimana kamu ingin menyimpan folder file. Jika ingin mengubah letak penyimpinan, kamu bisa pilih Change. Namun, jika tidak ingin mengubah lokasi, tetap sesuai default, bisa pilih "Next". Saran dari kami pilih Next saja.

    Cara Install IBM SPSS Statistics 24

  6. Lalu selanjutnya akan lanjut ke proses instalasi SPSS, klik "Install" tunggu hingga selesai, dan jangan melalukan apa-apa saat sedang proses install, agar penginstallan berjalan dengan lancar. 

    Cara Install IBM SPSS Statistics Versi 21


    Cara Install IBM SPSS Statistics 24


    Cara Install IBM SPSS Statistics versi 21


    Cara Install IBM SPSS 24

7. Proses Install SPSS telah berhasil. Langkah selanjutnya Aktivasi SPSS.

Catatan : Jangan sampai salah klik dalam memilih, dan pastikan kalian mengikuti langkah-langkah seperti di atas, supaya proses penginstallan berhasil.

Cara Aktivasi SPSS

Selanjutnya kita akan aktivasi SPSS. Dibutuhkan kode lisensi untuk mengaktivasi SPSS. Untuk mendapatkannya kami sarankan membeli lisensi originial dari IBM, dan aplikasi yang digunakan juga original. Jika kalian mahasiswa atau pelajar disuruh menggunakan aplikasi ini, minta serial number spss original ke guru atau dosen kuliah.

Kita harus menghargai mereka yang telah membuat software ini dengan membeli semua produknya secara resmi. Dan jangan pernah memakai software bajakan, itu juga membuat laptop atau pc kamu mudah terkena virus. Nah, jika sudah mempunyai kode serial number, selanjutnya kita akan melanjutkan proses aktivasi. Berikut langkah-langkah aktivasi SPSS :
  1. Pertama cari aplikasi SPSS Statistics, klik logo windows, kemudian cari "IBM SPSS Statistics 25"

    Cara Aktivasi SPSS

  2. Jika sudah, maka akan muncul "Already purchased IBM SPSS Statistics" jika kalian sudah memiliki serial number SPSS, kalian bisa klik "License Product"

    Serial Number SPSS Terbaru

  3. Pada bagian "License Status" untuk melanjutkan proses aktivasi, pilih "Next" untuk melanjutkan. Pastikan kalian sudah mempunyai lisensi resmi dari IBM.

    Install SPSS dengan mudah

  4. Untuk bagian "Produk Authorization" kalian pilih "Authorized user license" lalu klik "Next" untuk melanjutkan proses terakhir aktivasi.

    Kode Lisensi SPSS

  5. Kemudian pada bagian "Enter Codes" masukkan kode serial number yang sudah kalian miliki, pastikan kalian membelinya dengan lisensi resmi original produk IBM. Terakhir kalian klik "Next" klik Next terus hingga "Finish"

    Kode Lisensi SPSS Terbaru

  6. Jika sudah selesai semua proses aktivasi, kamu sudah bisa menggunakan software SPSS dengan produk lisensi yang resmi. 

    Cara Aktivasi SPSS

Jalankan SPSS setelah Selesai Instalasi

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah diikuti, selanjutnya kita jalankan software SPSS.  
  • Klik "logo windows" yang berada di pojok kanan bawah. Lalu cari dan pilih "IBM SPSS Statistics
  • Jika muncul tampilan halaman "Welcome to IBM SPSS Statistics" langsung saja klik "New Dataset" untuk menjalankan aplikasi SPSS. Dan aplikasi sudah bisa kamu gunakan.
Cara Install SPSS V22


Cara Install SPSS V21

AKHIR KATA

Seperti itu cara install SPSS di laptop dan komputer dengan mudah. Versi berapapun, sama langkah-langkahnya, karena versi berapapun tidak jauh berbeda. Caranya sangat simple jika kalian mengikuti tutorial di atas. Namun, jika masih ada kesalahan dan ada kesulitan dalam menginstall SPSS, kalian bisa tanyakan kepada kami, bisa tulis pertanyaan di kolom komentar di bawah, ya. Semoga artikel kami dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Install SPSS di Laptop dan Komputer dengan Mudah"