6 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Terbaru 2022

8+ Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Ada hal sepele yang bisa bikin kerusakan dan membuat kita kesusahan, seperti sinyal buruk dan sinyal hilang. Membuat para pengguna handphone mengeluh. Jika sinyal hp tidak ada, otomatis semua aplikasi yang membutuhkan koneksi tidak dapat berjalan. Contohnya seperti membuka media sosial, internet, begitu juga telepon, untuk telepon sudah pasti membutuhkan sinyal, ketika sinyal tidak ada kita tidak dapat berhubungan dengan kerabat atau keluarga. 

Memang sangat menyusahkan bukan ketika tidak ada signal. Nah, berikut Jalur Tech akan membahas cara mengatasi sinyal hilang di HP Android. Atau jika teman-teman mencari untuk mengkuatkan sinyal bisa membaca artikel yang sudah kami buat di 5 Cara Memperkuat Sinyal HP Tanpa Aplikasi.

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang di HP 

Banyak cara mengatasi sinyal yang sering hilang-hilangan pada smartphone Android atau iOS. Semua tips yang kami bagikan bisa digunakan dengan mudah, tentunya juga pasti ada yang awam dengan permasalahan ini, tetapi memperbaiki ini sangat mudah, jadi siapapun langsung mengerti. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Ganti Provider

Cara mengatasi sinyal hilang di HP yang pertama yaitu dengan cek provider yang kamu gunakan, apakah sedang mengalami gangguan atau tidak. Sebab, setiap provider pasti berbeda-beda dengan yang lain, penyebabnya bisa dari hujan atau listrik padam, itu terkadang menjadi salah satu faktornya. 

Jadi, jika kamu mempunyai teman atau keluarga dengan provider yang sama, tanyakan dahulu kepada mereka, apakah sinyal mereka mengalami gangguan yang sama atau tidak. Atau, kamu bisa langsung menghubungi costumer service provider tersebut, bisa juga dengan cara menggunakan provider berbeda. 

2. Cek Pengaturan HP

Selanjutnya, cara memperbaiki sinyal HP yang hilang yaitu dengan mengecek pengaturan ponsel. Solusi ini termasuk untuk mengurangi penyebab hilangnya sinyal di HP.

  • Hindari otak-atik HP, ini dapat menghilangkan sinyal HP.

Pada pengaturan hp ini terletak di Kartu SIM & Data Seluler, di mana itu tempat mengotak-atik info dan pengaturan sim dan berbagai pengaturan lainnya.

Jika sinyal kamu buruk atau lemah, pindahkan sinyal, misal dari 4G LTE ke 3G, itu membuat membuat sinyal menjadi ringan dan dapat dijalankan. Dan pastikan Pencarian Operator diatur ke Otomatis.

3. Pembaruan Perangkat Lunak

Terkadang hp yang kita miliki masih mempunyai bug alis kerusakan sistem didalamnya, ini termasuk salah satu faktor sinyal buruk atau hilang. Mau itu hp beli Replika, Black Market atau Original, terkadang memiliki bug didalamnya. Solusinya, cukup hanya dengan upgrade sytem HP kamu, jika tersedia, perbarui. Jika belum, tunggu hingga ada pembaruan sistem. 

Cara Pembaruan Perangkat Lunak

  1. Pergi ke Settings
  2. Kemudian cari Pembaruan perangkat lunak
  3. Klik Perbarui sekarang

Jika sudah selesai kamu dapat menghilangkan bug dan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang ada di dalam HP kamu.

4. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika sudah pembaruan perangkat lunak tetapi masih gagal? berarti update tersebut masih memiliki kerusakan sistem atau bug. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan dengan Reset HP kamu. Dengan begitu kamu akan memiliki HP dengan kondisi saat pertama kali kamu membelinya. 

Cara Reset HP ke Pengaturan Pabrik

  1. Pergi ke Settings
  2. Cari Pengaturan Tambahan 
  3. Pilih Cadangkan & Reset
  4. Lalu pilih Reset ke setelan pabrik

Pastikan kamu sudah backup data HPmu, karena setelah di reset data-data yang di dalam akan hilang.

5. Reset Factory atau Wipe Data

Cara mengatasi sinyal hilang di HP Android yang terakhir yaitu dengan melakukan reset factory atau wipe data. Ini salah satu cara yang paling manjur untuk mengatasi berbagai kerusakan di Android tentunya. Apakah Anda pernah mendengar kata reset factory ponsel? Nah, biasanya yang mengalami hp bootloop, HP error, bahkan sampai hp mati total. Ini bisa dilakukan dengan cara reset pengaturan pabrik. 

6. Service HP

Jika dengan melakukan wipe data hp juga tidak membantu, jalan terakhir sudah jelas yaitu dengan cara service hp. Jika cara-cara di atas sudah diikuti tetapi masih tidak bisa juga, bisa jadi komponen yang di dalam hp mengalami kerusakan. Terutama pada bagian penangkap sinyal ponsel. Pastikan pergi ke Service Center yang RESMI merk ponsel yang Anda gunakan, karena dengan service di tempat resmi pasti akan diganti komponen yang original.

Baca Juga: Cara Mengecek Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian

Akhir Kata

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam hal cara mengatasi sinyal hilang di HP yang terbaru 2022. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Terbaru 2022"