Simbol-simbol Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui

Simbol-simbol jaringan komputer

Belajar mengenai tentang topologi jaringan komputer atau diagram jaringan, sangatlah penting. Biasanya ketika kamu masuk Sekolah Menengah Kejuruan, dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Suatu saat pasti akan mempelajari sebuah jaringan komputer. 

Untuk mempermudah pembelajaran mengenai tentang jaringan komputer, salah satu hal yang harus kamu kuasai yaitu mengetahui bentuk simbol-simbol pada jaringan komputer atau apa saja bentuk diagram jaringan. 

Simbol pada jaringan komputer bertujuan untuk mengetahui apa saja perangkat yang dipakai pada jaringan tersebut. Maka dari itu, pada setiap simbol memiliki arti dan tugas yang berbeda-beda tentunya. Dan wajib kita ketahui, supaya kamu mengetahui karakter dan fungsi apa saja yang dimiliki pada sebuah jaringan komputer tersebut. 

Simbol - Simbol Jaringan Komputer

Pada setiap simbol-simbol jaringan komputer itu mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan fungsi juga berbeda tentunya, ada kemungkinan mirip saja tetapi tidak persis sama bentuknya. Berbagai macam bentuknya, seperti kotak persegi, tabung, awan, dinding, dll. Sangat berbeda bukan? Lalu apa saja sih simbol-simbol pada jaringan komputer itu. Berikut simbol-simbol yang sering digunakan pada topologi jaringan komputer.

1. Router

diagram jaringan

Simbol Router digambarkan berbentuk tabung, pada lingkaran di atasnya terdapat 4 anak panah, 2 diantaranya menghadap kedalam dan 2 lainnya menghadap keluar. Yang memiliki arti yaitu 2 anak panah menghadap kedalam memiliki arti data yang berasal dari luar, lalu data tersebut diteruskan ke jaringan lainnya yaitu ke 2 anak panah yang menghadap keluar. Perangkat bertugas menghubungkan dua jaringan yang berlainan. Jadi, dengan melihat simbol Router ini sudah memberikan arti dari fungsi tersebut.

2. Switch 

Simbol Jaringan Komputer

Simbol Switch digambarkan berbentuk sebuah kotak persegi, pada bagian atas kotak terdapat 4 anak panah, yang terdiri dari 2 anak panah menghadap kekiri, dan 2 anak panah lainnya, menghadap kekanan. 4 anak panah memiliki arti bahwa aliran data tidak akan terjadi tabrakan antara aliran data pada port yang berbeda. Fungsi dari Switch itu sendiri yaitu membantu menghubungkan perangkat komputer, seperti komputer, printer, server, titik akses nirkabel, dll.

3. Hub

Simbol Topologi Jaringan Komputer

Simbol Hub memiliki simbol yang mirip dengan simbol Switch, akan tetapi simbol Hub cuma memiliki 1 anak panah saja, itu yang membedakan simbol antara hub dan switch. Simbol hub digambarkan dengan kotak persegi yang melambangkan berjalan pada jaringan LAN, sama halnya dengan Switch. Satu anak panah tersebut memiliki arti bahwa hub mengalirkan data dengan melalui satu aliran saja, sehingga data kemungkinan mengalami tabrakan dengan data lainnya.

4. Garis Penghubung

Diagram jaringan komputer

Simbol Garis Penghubung digambarkan dengan garis, sesuai dengan namanya. Garis Penghubung bekerja seperti kabel. Yang saling menghubungkan perangkat satu dengan lainnya. Misalnya seperti untuk menghubungkan Switch ke Router, Hub ke Wireless.

5. Wireless

simbol-simbol pada jaringan

Simbol Wireless digambarkan dengan garis putus-putus mirip dengan Wi-Fi atau sinyal elektromagnetik.

6. Firewall

Simbol-simbol jaringan komputer

Simbol Firewall digambarkan dengan bentuk tembok atau dinding yang disusun dengan batu bata, tetapi ada juga yang dibalut dengan api-api. Tapi itu miliki makna yang sama, tidak ada perbedaan. Firewall merupakan sistem pengaman pada jaringan, seperti simbolnya tembok rumah yang bertugas melindungi kita. 

7. Internet

simbol-simbol jaringan komputer

Simbol Internet digambarkan dengan bentuk awan atau Cloud. Kenapa bentuk awan? karena awan bisa kita temui dimana saja, dan kapanpun itu. Seperti fungsi nya yaitu kita dapat memiliki akses dimana saja dan kapan saja untuk terhubung dengan siapapun

AKHIR KATA

Itulah simbol-simbol pada jaringan komputer yang harus kamu ketahui, pada setiap simbol atau diagram jaringan komputer, sudah pasti memiliki arti dan tugas yang berbeda-beda, maka dari itu kami membagikan artikel ini supaya kamu bisa mengetahui simbol dan apa saja fungsi-fungsinya. Semoga artikel yang sudah kami buat dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan tulis saja dikolom di bawah, ya. Sekian. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Simbol-simbol Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui"